QSL Card

QSL Card adalah konfirmasi atau pengeshan dari suatru komunikasi yang telah dilakukan atau pengeshan dari sebuah laporan yang diterima dari yang telah memonitor (mendengar/Listener) komunikasi yang dilakukan. Salah satu semboyan Amatir Radio adalah “QSL IS COURTESY OF AMATEUR RADIO” Yang berarti QSL Card adalah merupakan suatu kehormatan bagi seorang Amatir Radio, dengan demikian QSL Card memiliki nilai yang sangat penting dalam kegiatan Amatir Radio, bahkan tidak sedikit dari mereka membentuk Team Ekspedisi dengan mengeluarkan biaya yang tidak kecil, untuk melakukan kegiatan komunikasi dari lokasi dan daerah yang terpencil, sulit terjangkau bahkan mungkin tidak berpenghuni, seperti Pulau-pulau ditengah samudra atau di daerah kutub, hanya untuk memenuhi kebutuhan untuk dapat diterbitkannya QSL Card dari daerah tersebut, dan dapat dimiliki oleh para Amatir Radio dan para Short Wave Listener.

QSL Card juga merupakan bukti dari Aktivitas komunikasi yang telah dilakukan seorang Amatir Radio, karena untuk memperoleh sebuah QSL Card seorang Amatir Radio harus melakukan komunikasi atau Listener terlebih dahulu. Hal ini berarti QSL Card merupakan salah satu bukti aktivitas dan kecakapan seorang Amatir Radio.

Dari sisi lain QSL Card juga merupakan benda yang memiliki nilai kenangan bahkan kebanggaan bagi pemiliknya, QSL Card dapat pula dimanfaatkan sebagai sarana Informasi dan Promosi terutama Pariwisata.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Fungsi QSL CARD adalah :

  1. Sebagai data Bukti atau Konfirmasi dari Komunikasi yang telah dilakukan
  2. Sebagai Persyaratan untuk mendapatkan Award
  3. Sebagai Persyaratan untuk Ujian Kenaikan Tingkat
  4. Sebagai Benda Kenang dan Kebanggaan
  5. Dapat dimanfaatkan sebagai media Promosi 

 
BENTUK DAN MODEL QSL CARD

  • Bentuk QSL Card 
    QSL Card berbentuk Kartu Pos dengan ukuran standar 90 x 140 mm atau Maksimal 100 x 150 mm dan dengan berat +/- 4 Gram
  • Model QSL Card 
    Banyak macam Model QSL Card, namun pada umumnya dapat dikatagorikan dalam dua macam model yaitu QSL Card model 1 Sisi dan model 2 Sisi.
  • Dekorasi 
    Dekorasi hanyalah bersifat hiasan agar mempercantik QSL Card tersebut. Oleh karenanya sebaiknya dekorasi tersebut menampilkan keindahan alam Indonesia sehingga Dekorasi itu memiliki nilai promosi Pariwisata Indonesia ke Manca Negara, dengan demikian QSL Card yang kita buat akan merupakan sumbangan pula untuk kemajuan Bangsa Indonesia.

Data–data
Data yang dicetak dan ditulis dalam QSL Card terdiri dari 3 bagian yaitu:

1. Data Pemilik kartu (di cetak)
    - Nama Panggilan (Callsign) ditulis dengan jelas 
    - Nama Operator
    - Alamat Stasiun (sebaiknya dengan PO Box)
    - Alamat Zone ( Indonesia: ITU Zone 54 dan CQ Zone 28 ) 
    - Alamat QTH Locator (Contoh Sekretariat Lokal Tangerang: OI33HT)
2. Data Komunikasi 
    - Dicetak dengan jelas CONFIRMING OUR QSO WITH
    - Callsign Stasiun Lawan
    - Tanggal Komunikasi (biasakan menulis bulan dengan huruf)
    - Waktu berlangsungnya Komunikasi (dalam UTC) 
    - Frekuensi yang digunakan 
    - Moda yang digunakan 
    - Report Signal, Modulasi yang di terima
3. Informasi yang dianggap perlu 
    - Perangkat Pemancar dan Antena yang digunakan
    - Peralatan lain yang digunakan 
    - Permintaan balasan QSL Card 
    - Pesan dan Kesan-kesan 
    - Data prestasi yang dibanggakan 

BENTUK QSL CARD 1 SISI
qsl card yb1rdi
BENTUK QSL CARD 2 SISI
qsl card front yb1rdi
qsl card yb1rdi back


 
PENGIRIMAN QSL CARD

Pengiriman QSL Card dapat ditempuh dengan 3 (tiga) cara yaitu :

1. Pengiriman secara langsung atau Direct
Yang dimaksud dengan Pengiriman secara langsung atau Direct adalah QSL Card dikirimkan langsung ke alamat stasiun yang dituju Pengiriman ini biasanya dimaksudkan agar cepat diterimanya QSL card oleh stasiun lawan dengan harapan tentunya akan menerima balasan yang cepat pula. Hal yang diperlukan adalah alamat yang jelas dari stasiun yang di tuju, untuk ini dapat ditanyakan langsung pada saat komunikasi terjadi, atau dapat mencari dalam Callbook atau menanyakan kepada sesama rekan yang telah memiliki alamat yang kita maksud. 

Kemudian untuk mempercepat balasan kita perlu melengkapi QSL Card kita dengan SAE atau SASE.

  • SAE - Self Addressed Envelope 
    Sebuah amplop kosong yang telah di tuliskan Alamat kita, sehingga lawan cukup menulis QSL Card dan memasukannya pada Amplop tersebut.
  • SASE Self Addressed Stamp Envelope
    Sebuah amplop kosong yang telah di tuliskan Alamat kita dan telah pula dibubuhi prangko secukupnya, sehingga lawan cukup menulis QSL Card dan memasukannya pada Amplop tersebut dan tidak perlu mengeluarkan biaya pengiriman untuk balasan.  Permasalahannya adalah Prangko Indonesia tentunya tidak berlaku di Negara lain, oleh karenanya Stamp (Prangko) tersebut diganti dengan memasukan IRC (International Reply Coupon) atau dengan Green Stamp (uang tunai sebesar 1 USD ). Catatan untuk Green Stamp agar diperhatikan benar-benar pengirimannya, karena ada beberapa negara yang tidak menghendaki USD masuk ke negaranya.

Bentuk IRC (bisa diperoleh di Kantor Pos Besar)

Coupun Response International

Bentuk GREEN STAMP
green stamp 

Dengan demikian dapat disimpulkan pengiriman Direct adalah suatu cara yang effektif untuk mempercepat pengiriman dan mempercepat pula mendapatkan balasan, namun untuk percepatan itu jelas membutuhkan biaya yang cukup lumayan.

Bila Pengiriman Direct membutuhkan biaya yang cukup lumayan jumlahnya, maka perlu dicarikan suatu upaya untuk mengatasi permasalahan biaya tersebut, maka Organisasi Amatir Radio membuat suatu kesepakatan untuk kerjasama dalam pengiriman dan pendistribusian QSL Card dari para Anggotanya, dengan membentuk QSL Bureau, sehingga kewajiban mengirim atau membalas QSL Card dapat terpenuhi, dan kehormatan sebagai seorang Amatir Radio dapat terjaga dengan baik.

2. Pengiriman melalui QSL Bureau
Yang dimaksud dengan Pengiriman melalui QSL Bureau adalah dengan cara pengiriman secara KOLEKTIF dan TERORGANISIR dengan menggunakan sarana pengiriman dengan biaya rendah, seperti Paket dsb.
Cara kerja dari ORARI QSL Bureau adalah

  • Untuk Pengiriman ke Luar (OUT GOING) 
    Amatir Radio menyerahkan QSL Card nya kepada QSL Bureau ORARI Pusat dengan membayarkan biaya pengiriman yang tentunya sangat murah, untuk selanjutnya QSL Bureau akan mengelompokkan kartu2 tersebut sesuai Negara tujuan, dan mengirimkannya dengan bentuk Paket kepada Organisasi Amatir Radio Masing-masing Negara yang di tuju.
  • Untuk Pendistrubusian QSL yang diterima (IN COMING)
    QSL Card yang diterima dari Luar Negeri untuk para anggota ORARI, dipilah-pilah untuk masing-masing Daerah, lalu dikirimkan dengan bentuk Paket kepada ORARI daerah, selanjutnya ORARI daerah mengirimkannya kepada ybs melalui ORARI Lokal. 

Dengan melihat gambaran cara kerja QSL Bureau tersebut, maka seorang Amatir Radio yang beniat mengirimkan QSL Card melalui QSL Bureau akan memperoleh ke ringanan/keuntungan berupa:

  • Tidak perlu lagi mendapatkan alamat stasiun lawan, karena alamat tersebut ada pada QSL Bureau masing-masing negara.
  • Tidak perlu menyediakan SAE atau SASE
  • Membayar biaya pengiriman dengan murah, karena bila pengiriman langsung dengan bentuk surat biayanya akan lebih mahal dan akan ditanggung sendiri, sedangkan pengriman secara kolektif dengan bentuk paket biayanya akan ditanggung bersama.  Perbandingan bila mengirim surat dengan berat 10 gram ke USA maka diperlukan biaya antara Rp. 12.000,- s/d Rp. 17.000,-, sedangkan melalui QSL Bureau sebuah QSL Card yang akan di kirim ke USA hanya dikenakan biaya Rp. 750,- ( lihat tabel ), sedangkan untuk In Coming biayanya ditanggung Organisasi.

Namun Permasalahannya adalah :

  • Waktu pengiriman menjadi lama.
  • Tidak semua Negara memiliki QSL Bureau dan tidak semua Organisasi Amatir Radio mampu menjalankan fungsi QSL Bureau.

 Untuk memudahkannya lihat tabel Negara dan biaya pengirimannya:
qsl bureau orari
Untuk QSL Bureau seluruh dunia yang terdaftar di IARU silahkan lihat di page  QSL BUREAUS.

3. Pegiriman melalui QSL Manger
Adalah sistem pengiriman QSL Card yang diatur / dikelola oleh seorang Manager yang juga seorang anggota amatir radio. Manager tersebut mengatur pengiriman dan penerimaan kartu kita baik yang datang dan dikirim melalui Biro QSL ataupun langsung melalui pos. Keuntungan dari sistem ini adalah seorang amatir radio tidak perlu sibuk mengurus kartu-kartu QSLnya, namun hanya perlu mengirimkan laporan QSO-nya berupa Logsheet secara rutin kepada Manager tersebut. Selain itu QSL manager jika diinginkan dapat juga membantu kita untuk mengklaim award-award yang kita inginkan dari Organisasi-organisasi amatir radio di dalam dan luar negeri, sepanjang ada persetujuan dari kedua belah pihak. Karena biasanya para QSL Manager sudah sangat memahami aturan atau persyaratan-persyaratan dari masing-masing penerbit Award itu.

Syarat-syarat untuk menjadi anggota pada QSL Manager adalah sebagai berikut : 

  1. Konfirmasi dari stasiun yang bersangkutan, bahwa manager bersedia mengelola QSL Card kita. Biasanya komunikasi antara manager dengan stasiun yang bersangkutan adalah melalui E-mail atau surat menyurat.
  2. Pengiriman Logsheet atau data konfirmasi dari hasil QSO kepada manager dilakukan secara periodik atau tergantung kondisi.
  3. QSL yang diterima untuk Manager dari Stasiun DX biasanya disertakan SASE, tentunya akan terdapat uang balasan perangko ( dalam bentuk US Dollar / IRC / perangko ), dalam hal ini MUTLAK menjadi hak milik manager.

Hal yang perlu diingat bahwa, QSL Card is Courtesy of Amateur Radio, bila anda TIDAK mengirim atau membalas kartu QSL yang telah anda terima, maka anda berarti tidak menghormati orang lain dan anda pun kelak akan tidak juga dihormati orang lain, bahkan anda telah mencemarkan nama anda sendiri didunia amatir radio yang membawa efek pula pada Organisasi dan nama baik bangsa dan negara.

Sumber: 

  • http://www.orari.or.id/file/buku/AR%20-%20QSLCARD.pdf 
  • http://orari8.wordpress.com/orari/yang-perlu-diketahui-untuk-dx-ing/
 

Pengunjung Online

Ada 24 guests online

Login Anggota